Minggu, 18 November 2007

BEBERAPA URAIAN TENTANG KNOWLEDGE MANAGEMENT

1. Mengapa TI penting dalam Knowledge Management, karena dalam mengolah Knowledge Managemant diperlukan data dimana data ini akan diolah menjadi informasi dan informasi ini akan diolah lagi menjadi pengetahuan dimana dalam pengolahan data menjadi informasi kemudian informasi menjadi pengetahuan TI berperan dalam pengolahan atau proses tersebut, sehingga TI sangat penting dalam pengembangan Knwoledge Management untuk digunakan oleh pengguna sebagai pengetahuan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dewasa ini antara lain ditandai perubahan perilaku dalam pencarian informasi (information seeking) yang berdampak bagi lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang jasa informasi dan perpustakaan. Teknologi informasi sebagai yang bertugas menyimpan, mengolah dan mendistribusikan informasi dituntut agar mampu memberdayakan pengetahuan dengan menggali potensi yang dimiliki.

Kemajuan teknologi informasi menjanjikan kemudahan dalam manajemen pengetahuan (knowledge management) terutama bagi lembaga dalam bidang pengelolaan informasi secara elektronis termasuk perpustakaan. Perpustakaan sebagai salah satu penyedia informasi (information provider) harus berjalan seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi dan kebutuhan informasi penggunanya. Bila dahulu fungsi perpustakaan lebih berkonsentrasi pada penyediaan informasi dalam bentuk fisik seperti dokumen tercetak dengan dilengkapi sistem katalog kartu, maka kini dengan berkembangnya teknologi informasi perpustakaan dituntut menyediakan sumber-sumber informasi dalam bentuk elektronik yang syarat dengan pengetahuan tak terstruktur.

2. Peran TI dalam menggerakan Knowledge Management dalam perusahan / organisasi yaitu dalam hal pengolahan data, diolah menjadi informasi kemudian informasi diolah menjadi pengetahuan sehingga Knowledge Management dapat dibentuk dengan baik dan selain itu TI juga berperan dalam pengimplementasian Knowledge Management untuk kemajuan perusahaan.Sehubungan dengan itu peran Ilmu pengetahuan menjadi makin menonjol, karena hanya dengan pengetahuanlah semua perubahan yang terjadi dapat disikapi dengan tepat. Ini berarti Pendidikan memainkan peran penting dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dan kompetitif. Ketatnya kompetisi secara global khususnya dalam bidang ekonomi telah menjadikan organisasi usaha memikirkan kembali strategi pengelolaan usahanya, dan SDM yang berkualitas dengan penguasaan pengetahuannya menjadi pilihan penting yang harus dilakukan dalam konteks tersebut

3. Mengapa perusahaan dapat berkembang dengan Knowledge Management, karena Knwoledge Management memberikan pengetahuan untuk perkembangan kemajuan suatu perusahaan serta memberikan suatu cara untuk mengimplementasikan Knowledge Management yang mana dalam Knowledge Management diperlukan faktor – faktor antara lain manusia, leadership, teknologi, learning, dan organisasi itu sendiri, selain itu suatu perusahaan tanpa Knowledge Management akan sulit berkembang untuk perusahaan itu sendiri, selain itu Knowledge Management dapat memberikan suatu proses pendokumentasian dari TACIT menjadi EXPLICIT dimana dokumentasi ini dapat digunakan untuk pengembangan perusahaan / organisasi.Bagi organisasi yang ingin menerapkan manajemen pengetahuan dalam organisasinya perlu menyadari pertama, bahwa pengetahuan ada pada orang dan bukan pada sistem, meskipun sistem punya data dan informasi yang dapat membantu proses pengetahuan. Kedua, penciptaan pengetahuan merupakan proses sosial, tercipta melalui interaksi antara individu-individu dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu Knowledge Managemant merupakan aset yang paling berharga dalam pembangunan organisasi atau perusahaan karena dari situlah suatu organisasi dapat mengelola semua aktivitasnya yang akan dikerjakan dari pegawai organisasi atau perusahaan.

Tidak ada komentar: